Sabtu, 10 September 2016

system operasi

Hai udah lama ga posting lagi, kali ini saya akan memposting beberapa pertanyaan yang diberikan oleh dosen Sistem Operasi dan saya akan membagikan jawaban saya agar dapat menjadi bahan informasi yang bermanfaat bagi blogger blogger lain. Langsung saja untuk pertanyaan pertama, yaitu : "Untuk program sederhana seperti “Hello World”, kernel harus mencopy string dari user program memory ke dalam screen memory. Mengapa tidak diijinkan program untuk menulis langsung ke dalam screen buffer memory?" Jawab : Saya akan mencoba untuk menjawab pertanyaan ini berdasarkan survey yang saya dapatkan. Menurut saya ada sebuah urutan kejadian selama siklus instruksi berlangsung. Misal sebuah komputer yang menggunakan register memori alamat (MAR), register memori buffer (MBR), pencacah program (PC), dan register instruksi (IR). Proses aliran data pada siklus pengambilannya adalah sebagai berikut:
 • Pada saat siklus pengambilan (fetch cycle), instruksi dibaca dari memori.
 • Pencacah program (PC) berisi alamat instruksi berikutnya yang akan diambil.
 • Alamat ini akan dipindahkan ke register memori alamat (MAR) dan ditaruh di bus alamat.
 • Unit kontrol meminta pembacaan memori dan hasilnya disimpan di bus data dan disalin ke register memori buffer (MBR) dan kemudian dipindahkan ke register instruksi (IR).
 • Pencacah program (PC) naik nilainya 1, sebagai persiapan untuk pengambilan selanjutnya. Maka sebab itu program tidak diijinkan langsung untuk menulis kedalam screen buffer memory. Pertanyaan kedua, yaitu : "Dengan bahasa pemrograman berorientasi objek dan compiler, hanya objek method yang bisa mengakses internal data dalam sebuah objek. Jika sistem operasi hanya berjalan pada program yang ditulis pada bahasa pemrograman tersebut, akan kah masih membutuhkan hardware memory address protection? Jawab : Banyak kesalahan pemprograman dideteksi oleh perangkat keras. Kesalahan ini biasanya ditangani oleh sistem operasi. Jika terjadi kesalahan program, perangkat keras akan meneruskan kepada sistem operasi dan sistem operasi akan menginterupsi dan mengakhirinya. Pesan kesalahan disampaikan, dan memori dari program akan dibuang. Tapi memori yang terbuang biasanya tersimpan pada disk agar programmer bisa membetulkan kesalahan dan menjalankan program ulang. Pertanyaan ketiga, yaitu : "Contoh dari Exceptions? Contoh dari System Calls? " Jawab :
• Exceptions : pengecualian, yang di maksud dengan exception adalah kondisi yang akan muncul, jika program tidak sukses di jalankan, atau dengan kata lain, user tidak mengisi input sesuai syarat yang berlaku. Atau dengan defini lain exception adalah suatu konstruksi suatu bahasa khusus untuk menangani keadaan yang tidak terduga (biasanya adalah error); status keadaan error. Selama program berjalan, dapat terjadi sesuatu hal yang menyebabkan error. Misalnya, array diberi nilai indeks yang melebihi nilai indeks yang sudah dideklarasikan, atau suatu operasi aritmatika yang membagi suatu bilangan dengan nol. Hal ini dapat mengakibatkan program berhenti tidak seperti yang diinginkan dan biasanya menampilkan pesan kesalahan yang tidak jelas.
 • System Calls : panggilan meminta atau mengaktifkan bagian sistem operasi. Contoh: Proses pemakai running meminta layanan masukan/keluaran seperti membuka file. Panggilan ini menghasilkan transfer ke rutin bagian sistem operasi. Biasanya, penggunaan system call membuat proses pemakai blocked karena diaktifkan proses kernel (sistem operasi).

0 komentar:

DesignTemplate By : KBG KolomBlogGRATIS.blogspot.com